Latar belakang
Anak dengan kebutuhan khusus adalah anak-anak yang mempunyai kebutuhan baik permanen maupun sementara yang disebabkan oleh kondisi sosial, ekonomi, politik, kelainan bawaan maupun yang di dapat kemudian. Anak-anak ini mengalami hambatan perkembangan fisik, mental, kognitif, bahasa / komunikasi, interaksi sosial dan perilaku. Kondisi ini apabila tidak dilakukan intervensi dini dan tatalaksana yang tepat, sulit diharapkan perkembangan yang optimal. Mereka bukan saja menjadi tanggung jawab orang tua tetapi tanggung jawab kita semua. Agar anak-anak ini dapat teratasi diperlukan penanganan yang komprehensif dan terpadu dari bidang medis dan edukatif, dengan harapan agar tujuan dari penatalaksanaan anak kebutuhan khusus dapat tercapai yaitu “anak dapat mengatasi permasalahan perkembagannya dan dapat hidup mandiri sesuai dengan tahap perkembangannya”.
Pusat pelayanan terpadu sangat diharapkan memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus untuk dapat belajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Saat ini masih banyak pusat pelayanan terpadu yang belum dapat memenuhi kebutuhan anak secara berkelanjutan sampai anak pada tahap perkembangan selanjutnya yaitu pada tahapan anak harus masuk sekolah. Penyelenggaraan pusat-pusat terapi yang ada belumlah dapat menampung seluruh anak dengan kebutuhan khusus yang ada sekarang ini. Dengan kondisi demikian perlu adanya penyelenggaraan pusat pelayanan pendidikan dan pelatihan yang dapat menampung anak-anak yang belum mendapat pelayanan pendidikan yang memadai sebagai upaya menormalisasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
Berdasarkan pemikiran di atas berdirilah Pusat Terapi dan Remediasi Anak dengan Kebutuhan Khusus yang diberi nama “ RISANTYA “ pada bulan April 2003. Yang dalam perkembangannya berkembang menjadi “Sekolah dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Risantya” pada tahun 2008. Mendapatkan surat ijin operasional pada tanggal 12 September 2008 dari Disdik Prop Jabar. Beberapa factor yang mendasari berdirinya Risantya diantaranya adalah :
Risantya merupakan suatu lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan bagi anak berkebutuhan khusus seperti autisme, hiperaktif/ADHD, cerebral palsy/CP, down syndrome, terlambat bicara, dan sindroma yang lainnya. Dengan adanya Risantya diharapkan dapat membantu anak berkebutuhan khusus mencapai hidup layak seperti anak pada umumnya dengan memperhatikan aspek-aspek social dan kemanusiaan
Tujuan berdirinya Risantya adalah :
Sasaran
Semua anak berkebutuhan khusus terutama yang masih dalam usia perkembangan
Kelembagaan
Kelembagaan Risantya adalah lembaga dengan bentuk yayasan yang mempunyai otonom dan mandiri
PENUTUP
Penanganan yang terpadu bagi anak berkebutuhan khusus sangat diperlukan, agar mereka dapat hidup layak di masyarakat secara normal. Untuk itu diperlukan penyelenggaraan pendidikan yang memberikan pelayanan secara baik
Dengan adanya Risantya sebagai salah satu penyelenggara pendidikan diharapkan mampu memberikan pelatihan dan pendidikan yang memadai untuk mencapai tujuan yang diinginkan
Setiap individu itu unik, termasuk anak berkebutuhan khusus mereka berbeda dalam penanganannya dan merekapun tidak ingin terlahir sebagai penyandang anak berkebutuhan khusus tetapi apapun kondisinya mereka berhak dan layak mendapatkan kehidupan yang lebih baik untuk masa depannya ditengah masyarakat yang beranekaragam.